Ciptakan Inovator Pangan, 62 Peneliti Milenial Raih Dukungan Dana Indofood Riset Nugraha – Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Pandemi yang telah berlangsung lebih dari setahun telah membatasi dan memperlambat ruang gerak akan tetapi di sisi lain kondisi ini juga mempercepat kebiasaan baru.

Bahkan melahirkan inovasi di berbagai bidang. Suaimi Suriady, Ketua Program Indofood Riset Nugraha (IRN)  mengatakan, salah satu inovasi yang hadir adalah di bidang pangan.

“Pandemi justru membuat masyarakat mengembangkan potensi lain dari sumber pangan yang bermanfaat bagi kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan Covid-19,” kata Suaimi Suriady

Fakta ini mendorong IRN mengangkat tema Penelitian Milenial Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal pada Era Pandemi Covid-19.

“Ternyata tema ini menarik minat milenial untuk melakukan riset. Terbukti kami menerima sekitar 400 proposal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan jumlahnya meningkat jika dibandingkan tahun lalu yaitu 296 proposal,” katanya.

Setelah diseleksi, sebanyak 62 mahasiswa dari 48 perguruan tinggi berhasil memperoleh bantuan dana riset dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood).

Baca juga: Jadi Lembaga Riset, Komisi VII Setujui Pagu Anggaran BRIN Rp10,51 Triliun

Riset yang didanai melalui Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2021/2022 adalah penelitian yang dilakukan sebagai syarat menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana.

Penyerahan bantuan dana ditandai dengan Penandatanganan Kontrak Kerjasama Program IRN 2021/2022 yang berlangsung secara daring pada Kamis, 29 September 2021.

Baca juga: Jaga Ketahanan Pangan, PLN Pasok Listrik ke Kawasan Food Estate Kalteng

Selain menerima dana, para peneliti milenial ini juga akan mendapatkan coaching clinic, pendampingan dan bimbingan dari Tim Pakar IRN.



Source link