Friday, April 19, 2024
HomeSE AsiaKeluarga Glazer Jual Manchester United, Harganya di Banderol Rp72 Triliun - Tribunnews.com

Keluarga Glazer Jual Manchester United, Harganya di Banderol Rp72 Triliun – Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, LONDON – Keluarga Glazer mengumumkan rencana pelepasan klub Manchester United, usai dikuasai sejak 2005 silam. Kabar mengenai dijualnya klub setan merah ini juga turut dikonfirmasi oleh manajemen klub melalui pernyataan resmi, Rabu (23/11/2022).

“Manchester United salah satu klub olahraga paling sukses dan bersejarah di dunia, hari ini mengumumkan bahwa Dewan Direksi Perusahaan memulai proses untuk menjajaki alternatif strategis bagi klub,” jelas pernyataan Manchester.

Executive Co-Chairman and Directors Manchester United Avram Glazer dan Joel Glazer mengumumkan bahwa Dewan Direksi klub saat ini tengah bersiap mencari alternatif baru dengan membuka peluang investasi dan penjualan klub.

Baca juga: Efek Domino Kepergian Cristiano Ronaldo, Manchester United Butuh Penyegaran di Lini Depan

Langkah tersebut diambil sebagai salah satu cara untuk meningkatkan dan memperkuat pertumbuhan klub baik di lapangan maupun secara komersial di masa depan.

“Sebagai bagian dari proses ini, Dewan akan mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan perusahaan,” lanjut pengumuman Dewan Direksi Manchester.

Sebelum keluarga Glazer mengumumkan rencana pelepasan, keluarga pengusaha yang berasal dari Amerika itu selama beberapa tahun terakhir terus mendapatkan desakan dari 1,1 miliar pendukung, lantaran gagal membawa raksasa Liga Inggris itu memenangkan trofi selama lima tahun terakhir, tepatnya sejak Liga Europa dan Piala Liga pada 2017 silam.

Keluarga Glazer tidak mengungkap berapa harga jual yang akan di patok pada klub setan merah ini, namun melansir dari Forbes majalah tersebut memperkirakan Manchester United dibanderol senilai 4,6 miliar dolar AS atau Rp 72 triliun (satuan kurs Rp 15.684).

Dengan harga tersebut Manchester United menjadi klub sepak bola paling bernilai ketiga di dunia, mengungguli Chelsea yang awal tahun ini di jual seharga 2,85 miliar euro atau Rp 53,01 triliun kepada Todd Boehly.

MU pun menetapkan sejumlah syarat bagi calon investor atau pembeli diantaranya mampu memperkuat klub, termasuk melakukan pembangunan kembali stadion dan infrastruktur, serta perluasan operasi komersial klub dalam skala global.

Dengan begini Glazer berharap Manchester United dapat meningkatkan kesuksesan jangka panjang baik bagi penggemar maupun pemangku kepentingan lainnya, seperti yang dikutip dari Reuters.

Sebelum MU mengumumkan rencana penjualan klub, belakangan sejumlah nama calon pembeli sempat bermunculan hingga menjadi obrolan hangat di media sosial.

Salah satunya adalah Sir Jim Ratcliffe, miliarder Ineos yang telah mendukung United sejak masa kanak-kanak. Dimana Agustus lalu pihaknya menyampaikan keinginan membeli klub tersebut. Menyusul yang lainnya pada awal bulan kemarin miliarder kondang Elon Musk juga berencana untuk membeli klub kebangsaan Inggris itu.



Source link

- Advertisment -