Friday, April 19, 2024
HomeSE AsiaKetika Ketua Komisi IX Terima Curhatan Kesulitan para Calon Pekerja Migran Saat...

Ketika Ketua Komisi IX Terima Curhatan Kesulitan para Calon Pekerja Migran Saat Pandemi  – Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene memimpin jajarannya melakukan kunjungan spesifik Komisi IX ke Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan, Kamis (24/3/2022).

Di Kabupaten Sidoarjo, Felly menyambangi pabrik pembuatan sepatu, untuk melihat langsung bagaimana pabrik tersebut mampu terus berproduksi di tengah pandemi. 

Di Kabupaten Pasuruan, Komisi IX meninjau balai latihan keterampilan swasta dari PT. Prima Duta Sejati yang merupakan perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia. 

Felly mengaku banyak menerima masukan perihal situasi penempatan pekerja migran hingga masalah yang dihadapi mereka. 

“Kami menerima masukan terkait ksulitan yang dihadapi para pekerja migran dan P3MI pada saat pandemi,” kata Felly, dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022). 

Politikus NasDem ini meninjau secara langsung tentang realita pelatihan calon pekerja migran. 

Baca juga: Wanita Berusia 50 Tahun di Sidoarjo Tewas Tertabrak Sepeda Motor Saat Menyeberang Jalan

Dimana dalam mempersiapkan calon PMI, kata dia, ternyata ada banyak pertimbangan. Mulai dari kemampuan teknis hingga penguasaan bahasa di negara penempatan. 

“Mereka berharap dialog terkait harapan pekerja migran dan P3MI ke depannya bakal membuat adanya peningkatan kualitas dan kuantitas secara nasional,” katanya. 

Selain itu, Felly menegaskan bakal segera menindaklanjuti hal ini kepada mitra kerja. Mitra kerja yang dimaksud adalah Kementerian Ketenagakerjaan dan BP2MI. 

“Jadi untuk segera merampungkan MoU dengan negara penempatan dan mempersiapkan petunjuk teknis untuk memfasilitasi calon PMI dan P3MI dalam kesiapan penempatan nanti,” pungkasnya. 



Source link

- Advertisment -