Friday, April 19, 2024
HomeSE AsiaPemerintah Minta Percepat Pengesahan RUU PKS, PPP : Mestinya Dibahas di Pansus ...

Pemerintah Minta Percepat Pengesahan RUU PKS, PPP : Mestinya Dibahas di Pansus  – Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah semakin memantapkan sikapnya mendukung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mempercepat pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). 

Terkait hal itu, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani menilai keinginan untuk mempercepat pengesahan RUU PKS harus disambut baik. 

“Keinginan untuk mempercepat pembahasan RUU PKS dari berbagai pihak tentu harus disambut baik oleh DPR yang menginisiasi RUU tersebut. Tentu apakah ini akan dibahas di salah satu komisi atau dibentuk pansus maka perlu rapat musyawarah pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi-fraksi yang ada,” ujar Arsul, kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Paparan Sejumlah Lembaga Survei: Mayoritas Masyarakat Tak Setuju Wacana Jokowi Tiga Periode

Menurut Arsul, RUU PKS akan lebih baik dibahas di Panja Khusus (Pansus) karena materi RUU tersebut lintas komisi. 

“Hemat saya pribadi, mestinya RUU ini dibahas di Pansus karena materinya lintas Komisi. Di RUU ini ada keperluan aspek administrasi pemerintahan yang terkait dengan perempuan dan anak-anak yang menjadi bidang kerja Komisi VIII,” kata Arsul. 

“Ada juga persoalan formulasi pasal tindak pidana dan proses hukum yang merupakan bidang kerja Komisi III, sehingga kalau saya berpendapat pansus yang anggotanya lintas komisi akan lebih pas,” imbuhnya.

Baca juga: OTK Lepaskan Tembakan Dekat Rumah Kepala BIN, Pelaku Belum Tertangkap

Wakil Ketua MPR RI itu pun mengatakan RUU PKS memang diperlukan untuk memaksimalkan perlindungan kepada korban kekerasan seksual, terutama perempuan dan anak. 

“UU tentang PKS memang diperlukan untuk menyempurnakan perlindungan hukum terhadap kekerasan seksual terutama yang korbannya perempuan dan anak. Namun jangan juga berangkat dari anggapan bahwa tanpa UU PKS ini maka tidak ada instrumen hukum yang bisa menyelesaikannya,” tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah semakin memantapkan sikapnya mendukung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mempercepat pengesahan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (UU PKS). 

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat membuka kickoff meeting Tim Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pembentukan UU PKS di Gedung Bina Graha Jakarta, Senin (21/6/2021). 



Source link

- Advertisment -