Thursday, April 25, 2024
HomeSE AsiaSenin Pekan Depan, Komisi IX DPR Raker Dengan Kemenkes Bahas Hepatitis Akut...

Senin Pekan Depan, Komisi IX DPR Raker Dengan Kemenkes Bahas Hepatitis Akut – Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKomisi IX DPR RI dijadwalkan menggelar rapat kerja (raker) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), membahas permasalahan hepatitis akut pada Senin (23/5) pekan depan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, dalam Dialektika Demokrasi bertajuk ‘Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya?’ di Media Center MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

“Kami di Komisi IX minggu depan kami akan membahas ini bersama dengan Kemenkes, hari Senin, Komisi IX sudah memutuskan untuk mengudang Kementerian Kesehatan dan pihak terkait untuk soal hepatitis akut ini dibahas dalam rapat kerja dengan Komisi IX,” kata Melki, sapaan akrabnya.

Melki melihat, penyakit hepatitis akut ini mirip kondisi awal penyebaran Covid-19 di tanah air.

Karena itu, dia menekankan langkah antisipatif terhadap penyakit ini.

Baca juga: Ini Gejala yang Paling Banyak Dialami Pasien Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia

“Sekarang kita masuk di hepatitis akut dan mudah-mudahan kita lebih awal antisipatif dengan kejadian ini,” ucap legislator Partai Golkar ini.

Lebih lanjut, Melki menyebut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sendiri pun sampai hari ini, belum memberi penjelasan yang cukup jelas tentang jenis penyakit hepatitis akut ini.

Kemenkes juga hingga kini masih mempelajari penyebab penyakit penyakit ini.

“Karena posisi kita masih meraba-raba, tentu yang paling penting adalah pencegahan sebenarnya, karena itu yang paling munkin, pencegahan bagaimana memastikan agar dua jalur masuknya penyebab penyakit ini, itu jangan sampai mengakhiri anak-anak kita,” pungkasnya.



Source link

- Advertisment -